Kamis, 27 September 2012

Bahaya Duduk Terlalu Lama


Gaya hidup masa kini nyaris sudah tidak terpisahkan dari gadget, khususnya komputer. Namun tahukah anda dampak negatif terlalu lama di depan komputer? Sudah pasti segala sesuatu yang berlebihan akan berdampak buruk.

Bahaya Duduk Terlalu Lama

Riset di Australia menunjukkan orang yang terlalu banyak duduk mempunyai lingkar pinggang lebih besar dan tingkat kolestrol yang lebih tinggi. “Solusinya, berdiri selama satu menit akan membantu menurunkan resiko ini. ” kata, Dr. Genevieve Healy dari Universitas Queensland, Australia.

Salah satu penyakit dari beberapa penyakit yang akan berdampak bagi tubuh kita antaranya adalah DVT atau deep vein thrombosis atau pembekuan darah. Ini bisa terjadi ketia munculnya gumpalan darah di pembuluh vena, biasanya di bagian betis. Gejalanya antara lain tubuh terasa bengkak, memerah dan panas.

Jika tidak dicairkan dengan obat pengencer darah , biasanya akan pecah, terbawa paru-paru dan menyebabkan penyumbatan pembuluh paru-paru yang mematikan. Kasus ini sering terjadi kepada gamer dengan jam terbang ekstrim. Dan juga mengincar para pekerja kantoran yang berkutat dengan komputer.

Riset di Selandia Baru juga menunjukkan efek buruk bagi karyawan yang lebih banyak berdiam di depam komputer. Riset tersebut menyebutkan karyawan kantor yang berjam-jam bekerja di belakang meja, lebih mudah mengalami gumpalan darah beku yang mematikan, dibanding penumpang pesawat terbang yang melakukan perjalanan jarak jauh.

Sejumlah 34 persen dari 62 sampel yang mengalami gumpalan darah merupakan orang yang dalam jangka waktu lama bekerja dengan duduk di kursi, sedangkan 21 persen penderita lainnya belum lama berselang melakukan perjalanan jarak jauh lewat pesawat. DVT adalah pembentukan gumpalan darah di nadi dalam, paling sering di kaki. Gumpalan itu bisa pindah ke jantung, paru-paru atau otak yang menyebabkan rasa sakit dada, sesak nafas atau bahkan kematian akibat serangan jantung atau stroke.

Untuk pencegahannya adalah dengan berolahraga. Olahraga dengan intensitas sedang, seperti joging sekitar 4 km sehari, tak hanya meningkatkan kebugaran, tetapi juga menambah usia. Olah raga seracara teratur juga dapat mencegah kecenderungan penyakit genetis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redesigned by Info Terbaru Original by Bamz | Copyright of Info Kesehatan. Untuk SEO lebih lanjut kunjungi Trik SEO terbaru.