Minggu, 28 Oktober 2012

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil


Makanan Sehat untuk Ibu Hamil - Tanggung jawab dari seorang ibu ketika sedang hamil sangatlah berat. Pada saat ibu sedang hamil untuk pertama kali, biasanya timbul rasa cemas, khawatir dan takut tentang keadaan janin yang ada dalam perut. Seorang ibu akan berusaha menjaga kondisi bayi yang ada dalam perut dengan mengonsumsi makanan yang sehat demi perkembangan janinnya. Ibu tidak hanya makan makanan untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk bayi dalam perutnya.
Banyak sekali ibu yang bingung dan mencari tahu, jenis makanan apa saja yang harus dimakan dan tidak boleh dimakan selama proses kehamilan kehamilan.

Ibu yang sedang hamil rata-rata membutuhkan kurang lebih 2200 kalori (9500kJ) setiap harinya, jadi agar kesehatan ibu dan janin terjaga, ibu yang sedang mengandung bisa berpedoman pada beberapa tips berikut ini :

  • Makanan Harus Matang/Dimasak

Buat Ibu yang sedang hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang sudah matang, terutama kalau ingin makan telur, janganlah dimakan setengah matang, sebab dikhawatirkan telur tersebut mengandung bakteri salmonela yang dapat membahayakan kesehatan dan perkembangan janin. Jenis makanan mentah misalnya lalapan, sushi ataupun steak yang setengah matang akan lebih baik dihindari.

Sebaikknya juga mengindari keju lembek, minuman susu yang belum disterilkan ataupun pasta karena dikhawatirkan masih mengandung bakteri listeria yang bisa berdampak pada keguguran.

  • Minum Susu Hamil

Minum susu sangat baik sekali buat ibu hamil, karena susu mengandung zat kalsium. Seorang ibu juga dapat memilih susu untuk ibu hamil yang banyak mengandung asam folat atau mengandung vitamin lainnya.

  • Makan Sayur-sayuran Dan Buah-buahan

Sayuran yang berdaun hijau misalnya sayur selada, buncis juga sangat baik sekali buat ibu hamil. Ibu hamil juga bisa makan kentang, makan ubi, labu kuning ataupun makan kacang-kacangan.

Makan buah juga sangat penting buat ibu hamil, misalnya makan buah apel, jeruk, anggur ataupun buah tomat yang harus dicuci terlebih dulu hingga bersih sebelum dimakan.

Sumber www.infokesehatankecantikan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redesigned by Info Terbaru Original by Bamz | Copyright of Info Kesehatan. Untuk SEO lebih lanjut kunjungi Trik SEO terbaru.